Perdanayudha's Blog

Just another WordPress.com weblog

BANK

pada Maret 8, 2011

Pengertian bank

Menurut saya bank adalah tempat untuk menyimpan uang.

Tujuan bank

Bank merupakan lembaga profit yang bertujuan untuk memperoleh keuntungan. Bank juga sebagai perantara antar nasabah. Seperti halnya yang terjadi karena bank mendapatkan jasa dari para penyimpan uang dan kemudian uang yang nasabah simpankan di dalam bank kemudian diputar kembali ke nasabah lain dengan memberikan pinjaman atau memberikan kredit.

Sedangkan pengertian Malayu S.P. Hasibuan mengemukakan definisi dari berbagai sumber adalah sebagai berikut:

  • Undang-undang No. 7 tahun 1992 tentang Perbankan yang telah diubah dengan Undang-

undang No. 10 tahun 1998:

– Bank adalah badan usaha yang menghimpun dana dari  masyarakat dalam bentuk simpanan          dan  menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit dan atau bentuk-bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak.

-Perbankan adalah segala sesuatu yang menyangkut tentang bank, mencakup kelembagaan,  kegiatan usaha serta cara dan proses dalam melaksanakan kegiatan usahanya.

FUNGSI BANK

Menurut  fungsi bank dari H. Malayu S.P. Hasibuan adalah sebagai berikut:

  • Lembaga Keuangan,
  • Pencipta Uang,
  • Pengumpul Dana Dan Penyalur Kredit,
  • Pelaksana Lalu Lintas Pembayaran,
  • Stabilisator Moneter
  • Dinamisator Pertumbuhan Perekonomian

Jenis-Jenis Bank :

1. Bank Sentral

Bank sentral adalah bank yang memiliki tugas untuk mengatur peredaran uang.

2. Bank Umum

Bank umum adalah suatu lembaga keuangan uang menawarkan berbagai layanan produk dan jasa kepada    masyarakat .

3. Bank Perkreditan Rakyat / BPR

Bank perkreditan rakyat adalah bank penunjang yang memiliki keterbatasan wilayah operasional   dan dana yang dimiliki dengan layanan yang terbatas pula seperti memberikan kridit pinjaman dengan jumlah yang terbatas.

Fungsi-fungsi bank umum yang diuraikan di bawah ini menujukkan betapa pentingnya keberadaan bank umum dalam perekonomian modern, yaitu :

1.    Penciptaan uang

Uang yang diciptakan bank umum adalah uang giral, yaitu alat pembayaran lewat mekanisme pemindahbukuan (kliring). Kemampuan bank umum sepengetahuan saya untuk menciptakan uang giral menyebabkan possisi dan fungsinya dalam pelaksanaan kebijakan moneter.Bank sentral dapat mengurangi atau menambah jumlah uang yang beredar dengan cara mempengaruhi kemampuan bank umum menciptakan uang giral.

2.    Mendukung Kelancaran Mekanisme Pembayaran

Fungsi lain dari bank umum yang juga sangat penting adalah mendukung kelancaran mekanisme pembayaran. Hal ini dimungkinkan karena salah satu jasa yang ditawarkan bank umum adalah jasa-jasa yang berkaitan dengan mekanisme pembayaran.

3.    Penghimpunan Dana Simpanan Masyarakat

Menurut saya dana yang paling banyak dihimpun oleh bank umum adalah dana simpanan. Di Indonesia dana  simpanan terdiri atas giro, deposito berjangka, sertifikat deposito, tabungan dan atau bentuk lainnya

4.    Mendukung Kelancaran Transaksi Internasional

Pendapat saya bank umum juga sangat dibutuhkan untuk memudahkan dan atau memperlancar transaksi internasional, baik transaksi barang/jasa maupun transaksi modal.

5.    Penyimpanan Barang-Barang Berharga

Penyimpanan barang-barang berharga adalah satu satu jasa yang paling awal yang ditawarkan oleh bank umum. Masyarakat dapat menyimpan barang-barang berharga yang dimilikinya seperti perhiasan, uang, dan ijazah dalam kotak-kotak yang sengaja disediakan oleh bank untuk disewa

6.    Pemberian Jasa-Jasa Lainnya

Banyak di Indonesia pemberian jasa-jasa lainnya oleh bank umum juga semakin banyak dan luas. Saat ini kita sudah dapat membayar listrik, telepon membeli pulsa telepon seluler, mengirim uang melalui atm, membayar gaji pegawai dengan menggunakan jasa-jasa bank.

Menurut saya tentang Jasa bank

Kliring adalah suatu cara penyelesaian utang – piutang antara bank – bank peserta kliring dalam bentuk wasiat atau surat – surat berharga disuatu tempat tertentu.kliring bisa di sebut jasa bank,dikarenakan kliring bisa menyelesaikan masalah utang piutang.

Mengenal Produk Simpanan Di Bank

Tulisan kali ini akan membahas sedikit tentang apa itu bank, dan apa saja produk-produk yang dijual oleh bank, terutama produk simpanannya. Bank adalah lembaga yang bisnis utamanya adalah menyimpan dan meminjam dana dari masyarakat.

Produk bank

DPK (Dana Pihak Ketiga), produk bank ini ditujukan kepada kita dalam bentuk Tabungan, Deposito serta Giro.

a. Simpanan Giro (Demand Deposit),

b. Simpanan Tabungan (Saving Deposit)

c. Simpanan Deposito (Time Deposit),

Kredit, merupakan suatu sarana atau produk yang ditawarkan bank kepada kita, beberapa contoh kredit yang diberikan bank yaitu :

a.    Kredit Investasi

b. Kedit Modal Kerja

c. Kredit Perdagangan

d. Kredit Produktif

e. Kredit Konsumtif

f. Kredit Profesi

fee based income

Pada dasarnya fee based income digunakan untuk merevisi dan mengendalikan cost of loanable fund sehingga pendapatan bunga menjadi lebih optimal. Fee Base Income, merupakan hasil pendapatan ke dua dari bank umum. Fee base income diperoleh dari jasa yang diberikan kepada nasabah. Sebagai contoh kita mentransfer uang ke sesame bank atau ke berbeda bank maka kita akan dikenakan biaya berdasarkan bank yang kita tuju, hal itu merupakan Fee Base Income.

Spread Base Income

Spread Base Income, pendapatan yang diperoleh dari bunga yang diperoleh oleh bank. Pada dasarnya bank memberikan bunga kepada kreditur atau peminjam uang dan bank juga memberikan bunga kepada pemilik uang tersebut. Selisih dari bunga yang dipinjam dengan bunga yang diberikan itulah yang disebut Spread Base Income.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: